FORMASI Unwar Gelar Webinar Nasional “Perencanaan Keuangan dan Investasi bagi Generasi Milenial”

Oleh : | 13 September 2021 | Dibaca : 77 Pengunjung

FORMASI Unwar Gelar Webinar Nasional “Perencanaan Keuangan dan Investasi bagi Generasi Milenial”
FORMASI Unwar Gelar Webinar Nasional “Perencanaan Keuangan dan Investasi bagi Generasi Milenial”
 
Forum Mahasiswa Islam (FORMASI) Universitas Warmadewa (Unwar) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Perencanaan Keuangan dan Investasi bagi Generasi Milenial” pada Sabtu, 11 September 2021 secara Daring yang berpusat di Ruang Sidang Sri Kesari Warmadewa Mandapa.
 
Narasumber dalam Webinar Nasional:
- Slamet Prayitno, S.E., S.ST., Ak., MBA., (DJPPR Kementerian Keuangan RI, Kepala Seksi Analisis Pasar SBSN, Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN) dengan materi Keuangan dan Investasi bagi Milenial.
- I Gusti Sujati Agus Andiyasa (Kepala BEI Perwakilan Bali) dengan materi Pasar Modal Indonesia, Pengertian Investasi dan Manfaat Berinvestasi.
 
Ketua Panitia Muhammad Alfian Dwi Saputra mengatakan maksud diadakannya acara ini adalah sebagai target dengan tujuan agar generasi muda mendapatkan pemahaman mengenai pengelolaan keuangan secara individu ataupun untuk tujuan bisnis dalam bentuk perencanaan dan pencatatan sederhana kemudian dapat melakukan kebiasaan untuk menabung dan berinvestasi, sehingga hal tersebut dapat diterapkan dalam kegiatan kehidupan sehari-hari yang akan mendatangkan manfaat di masa yang akan datang untuk memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik khususnya dalam hal pengelolaan keuangan. Dengan tujuan menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai perencanaan keuangan dan investasi. Memanfaatkan dan mengatur keuangan dengan tepat, sehingga peserta dapat mengendalikan aspek keuangan yang nantinya mampu membangun keuangan yang sesuai dalam tujuan bisnis ataupun personal serta memahami bagaimana merencanakan dan menciptakan aset keuangan untuk kesejahteraan hidup di masa depan.
 
Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan sebagai pimpinan universitas ia menyambut baik kreatifitas daripada FORMASI Unwar dimana pada masa sekarang ini webinar ini mempunyai arti yang cukup penting dan strategis. Karena menurut laporan Menteri BUMN pada bulan April 2021 dalam suatu event penting, bahwa entrepreneur di Indonesia proporsinya masih sangat kecil dan ini jika dibandingkan dengan entrepreneur yang ada di negara tetangga, Indonesia masih jauh dibawah. Jika dilihat dari tema webinar kali ini, merupakan salah satu modal dasar yang patut dipahami apabila ingin menjadi entrepreneur. Negara memiliki harapan besar kepada mahasiswa agar bisa meningkatkan presentase penduduk di Indonesia yang menjadi entrepreneur. “Itulah sebabnya saya mengatakan bahwa webinar nasional hari ini judulnya cukup atraktif dan menarik. Yang saya harapkan kalau membuat suatu kegiatan, orientasinya harus output dan outcome dan bukan hanya sekedar proses. Apakah webinar ini mampu meningkatkan pemahaman para peserta tentang dua materi yang diberikan dan apakah pada suatu saat nanti webinar ini angka proporsi wirausahawan dari kalangan mahasiswa bisa meningkat atau tidak. Jadi saya menantang adik-adik FORMSASI agar berani mematok indikator kinerja yang jelas”, ungkapnya.
 
Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan Webinar ini sangat relevan dengan apa yang digaungkan dalam semangat dan spirit Sapta Bayu khususnya menciptakan generasi-generasi muda milenial yang unggul. Kehadiran FORMASI di Unwar juga menjadi ciri dari impementasi Sapta Bayu yang keenam yaitu dimana Warmadewa adalah rumah kita bersama dan memberikan ruang terbuka kepada siapa saja, dari Sabang sampai Merauke bahkan mahasiswa Internasional untuk menjadikan Warmadewa sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Di satu sisi sebagai tempat berinteraksi bagi berbagai komunitas yang ada untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi insan-insan yang unggul. Webinar yang dilakukan kali ini yang di gagas oleh FORMASI menjadi sangat penting di tengah-tengah pandemi yang melanda. “Kita harus memiliki terobosan-terobosan pemikiran, kita harus memiliki cara-cara untuk menjadikan pandemi ini bukan untuk diratapi akan tetapi bagaimana pandemi ini bisa merubah mindset kita utamanya dalam kegiatan wirausaha dan kewirausahaan. Apa yang menjadi tema sentral dalam webinar ini yakni bagaimana kita melakukan pengelolaan keuangan dan berinfestasi yang tepat tentu erat kaitannya dengan marketing digital dan ekonomi digital yang dikolaborasi menjadi ra digital dan ra kolaboratif ini bisa kita maknai sebagai upaya untuk menjadikan dan melahirkan generasi-generasi muda milenial yang benar-benar memiliki jiwa dan spirit Sapta Bayu dan spirit entrepreneur”, pungkasnya. Ia berharap narasumber dapat memberikan big practice kepada para mahasiswa yang haus akan bimbingan, pengetahuan tentang bagaimana mereka mengelola keuangan dan bagaimana mereka berinvestasi atau bagaimana mereka menjadi generasi-generasi milenial yang memiliki jiwa kewirausahaan.
 
Humas Unwar Melaporkan



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA